Thursday, February 23, 2012

Tokoh: Albert Einstein

Lahir 14 March 1879 di Jerman, seorang fisikawan yang menemukan teori relativitas yang mengguncangkan dunia fisika. Mendapatkan penghargaan Nobel dalam bidang Fisika ditahun 1921, dan merupakan perintis teori quantum.

Einstein menciptakan ratusan catatan ilmiah, memberikan kuliah di berbagai universitas di Eropa dan Amerika, dan berkolaborasi dengann berbagai peneliti terkenal lainnya. Terkenal dengan teori relativitasnya E=mc2(kuadrat), yang menjadi referensi teori mesin waktu, teleportasi, dan sebagainya. Teori relativitas menjadi kontroversial di kalangan peneliti dan pertama digunakan oleh Max Planck.

Selain itu Einstein juga berkontribusi dalam bidang fisika atom. Ia menciptakan model atom versinya sendiri, yang kemudian dikembangkan Peter Debye. Debatnya dengan Niels Bohr tentang mekanika quantum menjadi sangat terkenal. Selain itu dalam mekanika quantum terkenal juga Einstein-Podolsky-Rosen Paradox.

Eintein meninggal pada tanggal 18 April 1955. Berikisar pada tahun yang sama, ditemukan unsur nomor atom 99 diberikan nama Einsteinium untuk menghargai Albert Einstein.

Einstein merupakan salah satu model manusia cerdas dalam sejarah, dan sering digunakan sebagai referensi kepada orang-orang jenius dalam kehidupan sehari-hari. Penampilannya yang unik, terutama ekspresi dan gaya rambutnya membuatnya seperti perwujudan asli "mad scientist".

Berbagai fotonya beredar luas di internet maupun tercetak sebagai bahan candaan hingga promosi usaha, salah satu foto yang terkenal adalah foto Einstein saat menulis di papan tulis dan foto lain yang sering terlihat adalah saat Einstein menjulurkan lidah, balasan ketika dia bosan ketika dimintai fotografer untuk mengambil fotonya saat tersenyum.

Berbagai cerita terkenal tentang Einstein, seperti cerita ketika Einstein bertukar dengan asistennya untuk menjelaskan teori, hal ini sering digunakan Einstein untuk mengaku sebagai asistennya sendiri dan menghindari orang-orang yang penasaran. Kemudian beberapa waktu lalu muncul berbagai versi cerita tentang Einstein membuktikan keberadaan Tuhan, yang ternyata merupakan fiksi.

 Salah satu kutipan yang terkenal dari sosok Albert Einstein adalah "I (at any rate) am convinced that He does not throw dice", "God doesn't play with dice". Yang menunjukkan pandangan Einstein tentang Tuhan.

1 comment: